Dimana Mencari Informasi dan Instansi Penyelenggara tes TOEFL ITP dan IBT?

  • Tanya Budi:

Assalamualaikum pak Budi…..

Terimakasih sebelumnya untuk banyak ilmu yang dibagikan kepada kami. Saya seorang guru di salah satu SMK di Jombang. Pertama, saya tahu tentang pak Budi saya menjadi terinspirasi dan termotivasi untuk bisa melanjutkan sekolah lagi tetapi melalui beasiswa. Oleh karena itu, saya sekarang sedang dan terus berusaha mencari info tentang beasiswa S2. Kendalanya, saya belum memiliki TOEFL Certificate baik TOEFL ITP ataupun TOEFL IBT.

Pertanyaan saya, dimana saya bisa mencari informasi mengenai waktu, dan instansi yang menyelenggarakan TOEFL dan sertifikatnya diakui. Demikian. Atas jawaban yang diberikan saya menyampaikan terimakasih.

Linda Jayanti_Jombang, Jawa Timur_SMK Negeri Kabuh Jombang

  • Jawaban Budi:

Hi Linda. Terima kasih untuk pertanyaannya. Untuk TOEFL ITP, coba tanya lembaga bahasa Inggris di kampus-kampus yang ada didaerahnya. Kampus negeri biasanya lembaga bahasanya menyelenggarakan TOEFL ITP Test. Bisa juga tanya ke lembaga-lembaga kursus bahasa Inggris. Tidak semua instansi menyelenggarakan tes TOEFL ITP, jadi memang harus ditanya instansi mana didaerahnya yang menyelenggarakan TOEFL ITP. Selain itu, biasanya instansi yang menyelenggarakan TOEFL ITP harus memiliki minimal 10 orang yang mendaftar ingin ambil tes. Makanya, ini selalu jadi kesulitan untuk instansi didaerah karena mendapatkan 10 pendaftar biasanya tidak mudah. Terkadang, kita harus bertanya dengan instansi yang menyelenggarakan dan mendaftar tapi si instansi baru mau mengadakan tes saat sudah 10 orang pendaftar. Situasi ini sering membuat anak-anak didaerah agak kesusahan mengikuti tes ITP.

Pastikan saat bertanya, bilang ingin tes TOEFL ITP atau Institutional TOEFL. Sertifikatnya akan sama dan diakui karena pada dasarnya soal tes dari ETS di Amerika. Si instansi hanya penyelenggara saja dan mereka beli soal ke ETS. ETS adalah yang menyiapkan soal-soal untuk tes TOEFL. Di Indonesia mereka punya perpanjangan tangan lagi seperti IIEF, Aminef, dan lain-lain yang bisa memberikan instansi lain di Indonesia izin untuk menyelenggarakan tes TOEFL ITP.

Biaya tes TOEFL ITP sektar 400 – 500-an ribu. Kalau dibawah itu harganya biasanya TOEFL Prediction Test, sekitar 100 – 200-an ribu,

Untuk TOEFL IBT, biasanya hanya ada di kota-kota besar, seperti Jakarta, Bali, dan lain-lain. Bisa google untuk daftarnya.

– – – – – – – – – – –

Budi Waluyo | Instagram: sdsafadg | Twitter @01_budi | FB Page: sdsafadg

 

Comments

  1. Dewinta Stanie

    hallo Kak Budi, mau tanya. Apakah orang dengan pengalaman organisasi yang minim di Kampus mempunyai kesempatan untuk mengejar beasiswa luar negeri? lalu bagaimana solusinya agar dapat memenuhi persyaratan beasiswa terkait pengalaman organisasi?

    1. Budi Waluyo Post author

      Sekarang, mulailah cari kesempatan aktif di berbagai organisasi. Mengukur peluang itu dengan melihat apa yang mungkin dilakukan oleh pelamar lain. Kita tidak pernah tahu sebaik apa profil pelamar yang lain, jadi usahakan semaksimal mungkin memperbaiki profil diri kita @dewinta_stanie

    1. SUJIMAN

      Assalamualaikum wrwb
      Salam Kenal semuanya saya Sujiman
      Terimakasih Informasi nya tentang penyelenggara tes Toefl ITP terutama saya juga merupakan anak daerah dipelosok Kalimantan semoga bias ikutan tes Toefl ITP