Apakah Lulusan Universitas Swasta Punya Kesempatan Dapat Beasiswa?

  • Tanya Budi: 

Ka mau tanya, kan saya dari univ swasta nah bisa ga dari univ swasta meraih beasiswa luar negeri? Apakah ada pembeda misalkan univ negeri lebih didahulukan/mudah mendapat full scholarship? mohon penjelasannya. soalnya saya agak minder gitu loh, sama pesaing univ negeri.

Adytia Putra_cianjur_universitas jenderal achmad yani.

  • Jawaban Budi:

Hi Adytia. Terima kasih untuk pertanyaannya.

Bisakah lulusan universitas swasta mendapatkan beasiswa S2 atau S3 lanjut studi ke luar negeri? Jawabannya: BISA.

Saat dapat beasiswa S2 dan S3 ini, saya sudah bertemu teman-teman yang mendapatkan beasiswa S2 dan S3 juga walau mereka lulusan universitas swasta.

Tetapi, satu hal perlu dipahami, yaitu setiap beasiswa memiliki tujuan dan persyaratan yang berbeda-beda, jadi tidak bisa semuanya dianggap sama semuanya.

Misalnya, memang ada beasiswa yang untuk dosen yang mengajar di kampus baik negeri maupun swasta, nah dalam konteks ini kalau yang bukan dosen melamar, sudah pasti tidak akan diterima. Ada beasiswa yang hanya diperuntukkan pegawai negeri di instansi tertentu saja, jadi yang bukan pegawai negeri di instansi yang dimaksud tidak akan lulus kalau melamar, dan seterusnya. Jadi, kuncinya adalah memahami dengan baik informasi beasiswa yang diterima atau yang akan dilamar. Baca dengan baik kriteria pelamar seperti apa yang mereka cari dan refleksikan apakan sesuai dengan latar belakang saya atau tidak.

Kebanyakkan beasiswa yang disponsori oleh pemerintah atau yayasan dari luar negeri tidak melihat apakah si pelamar lulusan universitas negeri atau swasta, tetapi yang mereka lihat adalah bagaimana profil si pelamar, pengalaman kerja dan organisasinya, bagaimana kemampuan bahasa Inggrisnya, bagaimana pengalaman risetnya, dan seterusnya. Latar belakang ini lebih penting untuk mereka lihat. Contoh beasiswa ini adalah beasiswa Fulbright, Prestasi, Chevening, dan lain-lain. Eksplor dengan baik setiap informasi beasiswa yang diterima.

Sponsor/ komite seleksi beasiswa itu mencari “Sebuah paket yang lengkap”, artinya mereka melihat kandidat lebih dari sekedar lulusan universitas swasta atau negeri. Makanya, saya pernah menulis e-books gratis untuk panduan teman-teman Indonesia dalam menyiapkan diri untuk memenangkan beasiswa studi ke luar negeri. Silahkan download dan baca ebook lengkapnya disini gratis: Ebooks Gratis Tentang Beasiswa

Pesan saya, tidak perlu minder kalau lulusan universitas swasta. Fokus pada memperbaiki profil diri kita sebaik mungkin. Sudah banyak lulusan universitas swasta mendapatkan beasiswa studi ke luar negeri. Pelajari dan baca ebooks gratis itu dengan baik ya. Karena kunci utama memenangkan beasiswa studi ke luar negeri itu bukan seberapa cerdas kita, melainkan sebaik apa persiapan yang sudah kita lakukan.

Semangat ya! Let’s break the limits..!!

– – – – – – – – – – –

Budi Waluyo | Instagram: sdsafadg | Twitter @01_budi | FB Page: sdsafadg

Comments

      1. Melda Evriyani

        Untuk beasiswa S2 pendidikan sekolah dasar di luar negeri ada enggak ya kak? soalny waktu iktu seminar fubright di UNIB kemaren untuk beasiswa cma untuk beasiswa guru mapel sedangkan kalo PGSD kan semua mapel jd gmn tu kak?

  1. Budi Waluyo Post author

    Bergantung jenis beasiswanya. Ada beasiswa yang melihat akreditasi kampus sebelumnya dan ada yang tidak. Umumnya, beasiswa dari pemerintah kita melihat. Tapi, fokuslah pada pengalaman karena ini yang akan sangat mempengaruhi @ilma_amalia

  2. Vaula Warra Lestari

    maaf kk budi mau nanya, apa ad pengaruhny kalau misalnya kita mau ambil beasiswa s2 yang beda jurusan dari s1 sebelumnya? dan juga kk saya sudah 2 thn tamat kuliah baru sekarang mau mencoba mendaftar s2 lagi, apakah harus dari kampus surat rekomendasi saya kk? sedangkan saya sudah tidak bekerja lagi karna suatu hal di keluarga untuk mendapat surat rekomendasi dari atasan. mohon bantuannya yh kk

  3. Vaula Warra Lestari

    maaf kk budi mau nanya, apa ad pengaruhny kalau misalnya kita mau ambil beasiswa s2 yang beda jurusan dari s1 sebelumnya? dan juga kk saya sudah 2 thn tamat kuliah baru sekarang mau mencoba mendaftar s2 lagi, apakah harus dari kampus surat rekomendasi saya kk? sedangkan saya sudah tidak bekerja lagi karna suatu hal di keluarga untuk mendapat surat rekomendasi dari atasan.

  4. Anggapratamaputra

    Kak saya mau tanya di eropa atau amerika kampus yg bagus dengan jurusan international development, kampus mana ya kak? Soalnya yg saya dapat hanya kampus di australia. Terima kasih.

  5. Alfin Nugroho

    Assalamualaikum kak, tadi hanya di jelaskan tentang universitas, saya mau tanya kalau mahasiswa dari “Sekolah tinggi” seperti STIKES, STIM,dsb masih bisa ikut daftar beasiswa S2 diluar negeri atau tidak ya? Terimakasih.